“Islam adalah agama yang toleran, yang menempatkan jiwa manusia dalam rasa hormat yang tinggi dan menganggap serangan terhadap orang yang tak bersalah sebagai dosa yang besar. Islam tidak pernah membolehkan seoang muslim membunuh orang yang tak bersalah dan orang yang tak berdaya”. Demikian kutipan pernyataan Dr. Yusuf Qardhawi dalam satu kesempatan di Doha, Qatar.

Dalam sejarah kelam perkembangan manusia, peperangan dan penghancuran selalu menjadi momok yang mengakibatkan jutaan nyawa manusia mengalami koban dan derita kemanusiaan.

Mungkin kita tidak perlu menyesali mengapa bom diciptakan, karena perkembangan kecerdasan manusia memang meniscayakan itu. Yang mesti kita sesalkan adalah kenyataan bahwa bom itu ternyata juga dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk membunuh sesama yang tak bersalah, menghancurkan manusia dan kemanusiaan, serta meluluhlantakkan peradaban yang ia anggap “berbeda”.

Kadang kala memang kita harus menyadari bahwa kemajuan kecerdasan manusia tidak selalu diikuti dengan kemajuan untuk menghargai hak hidup dan kehidupan sesama. Menjadi tugas kita untuk memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan perdamaian dan kesejahteraan umat.

al-Tasamuh, Edisi 08, 11 januari 2002