Apa yang Anda lakukan jika Anda berada di sebuah negara yang pesidennya dikepung oleh tentara negara lain selama beberapa hari tanpa persediaan makanan? Apa yang Anda bayangkan ketika hal itu terjadi pada Megawati, Presiden kita?

40 orang aktivis Eropa dari berbagai agama membentengi Yasser Arafat dari tentara Israel. Vatikan mengutuk keras kebrutalan Ariel Sharon dan pasukannya di Ramallah. Ribuan orang Yahudi Amerika mengutuk keras ekspansi tank-tank Israel yang menjebol kantor pemerintahan resmi Palestina. Puluhan tentara Israel memboikot dan keluar dari ketentaraan karena kebijakan sadis Ariel Sharon. Beberapa gereja hancur berkeping-keping dihantam bom Israel, dan Betlehem diisolasi selama beberapa waktu. PBB mengeluarkan resolusi untuk Israel agar menarik pasukannya dari seluruh wilayah Palestina.

Apa yang Anda pikir melihat fakta-fakta seperti di atas? Masihkan kita berasumsi bahwa perang di Ramallah adalah perang agama? Masihkah kita yakin bahwa Arafat dikepung karena ia Islam? Masihkah kita menganggap bahwa setiap anak yang dilahirkan oleh Yahudi adalah penjahat?